FORMULASI SABUN PADAT EKSTRAK BUAH SENGGANI (Melastoma malabathricum L.) DIKOMBINASI DENGAN KEFIR

Gina Lestari

Sari


Tumbuhan senggani (Melastoma malabathricum. L) merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan sumber pigmen antosianin yang berkhasiat sebagai antioksidan. Selain dari tumbuhan senggani, antioksidan dapat diperoleh dari kefir. Kefir bermanfaat untuk memelihara dan mengatasi permasalahan kesehatan pada kulit. Aktivitas antioksidan dari tumbuhan senggani dikombinasikan dengan kefir dapat diformulasikan dalam pembuatan sabun yang berguna sebagai zat warna serta zat aktif untuk merawat kulit.

Ekstrak buah senggani dibuat dengan cara pemanasan pada suhu 54oC. Kefir dari susu UHT yang diinkubasi selama 10 jam dengan suhu ± 28oC. Metode yang digunakan pada formulasi sabun padat ekstrak buah senggani dikombinasi kefir adalah metode panas dingin dengan variasi konsentrasi ekstrak F1 (3%), F2 (5%), F3 (10%). Evaluasi yang dilakukan adalah uji stabilitas busa, uji tinggi busa, uji pH, dan uji Hedonik.

Hasil uji organoleptis sabun yang dihasilkan tidak sesuai yang diharapkan karena warna yang dihasilkan menjadi coklat. Pada setiap formulasi ekstrak buah senggani mempengaruhi busa. Berdasarkan pH semakin bertambah ekstrak senggani pH semakin asam. Berdasarkan hasil uji hedonik formula yang lebih banyak disukai adalah F1 dibanding F0, F2, dan F3.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v8i2.350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Jurnal Ilmiah Pharmacy indexed by:

Find in a library with WorldCat

Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah