FORMULASI BIOLILIN AROMATERAPI MINYAK ATSIRI BUNGA KECOMBRANG Etlingera elatior (Jack) R.M. Smith SEBAGAI REPELLENT NYAMUK

Tri Yanuarto

Sari


Pembuatan lilin aromaterapi bisa menggunakan asam sterarin, bahan baku palm wax merupakan asam stearin sehingga pada saat pembakaran biolilin tersebut tidak cepat meleleh. Proses pembakaran mampu melelehkan biolilin bersama penguapan karena sifat lemak yang dimiliki oleh palm wax dapat mengabsorpsi minyak atsiri. Salah satu tanaman yang mengandung minyak atsiri adalah bunga  kecombrang karena mengandung senyawa utama yaitu 1,1 – diasetat dodecanediol dan siklododecan sehingga bisa digunakan sebagai repellent nyamuk.

Pembuatan minyak atsiri bunga kecombrang Etlingera elatior (Jack) R.M. Smith menggunakan metode destilasi uap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat aktifitas minyak atsiri bunga kecombrang dengan variasi konsentrasi F1=0%, F2=5%, F3=10%, dan F4=15% terhadap 10 orang panelis, evaluasi formulasi biolilin aromaterapi meliputi uji hedonik (uji keadaan fisik, uji efek terapi,  uji aroma sebelum dan setelah dibakar), uji penentuan waktu bakar dan nyala biolilin serta uji aktifitas nyamuk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa minyak atsiri bunga kecombrang Etlingera elatior (Jack) R.M. Smith dapat di formulasikan menjadi biolilin dengan konsentrasi terbaik yaitu 15%. Namun untuk uji keadaan fisik biolilin konsentrasi terbaiknya yaitu 10% karena produknya tidak terlalu berminyak, serta warnanya tidak terlalu pucat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous, 2011. Repellent. Diakses tanggal 07 Juni 2013. Dari http://ik.pom.go.id/wpcontent/uploads/2011/11/Bahaya DEET pada Insect

Fitriyani, 2014. Isolasi Minyak Kecombrang (Etlingera Elatior) Sebagai Bahan Pembuatan Parfum. Skripsi. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia

Jaffar FM, Osman CP, Ismail NH dan Awang K. Analysis of esensial oil of leaves, stem, flowers and rhizomes of Etlngera elatior (JACK) R. M. SMITH. 2007:11.

Murhananto dan Ria Aryasatyani, 1999. Membuat dan Mendekorasi Lilin. Puspa Swara Jakarta.

Naufalin Rifda, 2005. Kajian Sifat Antimikroba Ekstrak Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) Terhadap Mikroba Patogen Dan Perusak Pangan.[Tesis] Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Pertania, IPB.Bogor.

Ngening, D. Y. 2011. Pengaruh Penambahan Variasi Konsentrasi Serbuk Bunga Kecombrang terhadap Daya Awet Gethuk Singkong

Raharja S, Setyaningsih D, Turnip DMS. 2006. Pengaruh perbedaan komposisi bahan, konsentrasi, dan jenis minyak atsiri pada pembuatan lilin aromaterapi. Jurnal Teknologi Pertanian 1(2): 50-59.

Rosiyana, N., 2016. Penentuan Formulasi Perbandingan Terbaik Minyak Atsiri Dan Palm Wax Dalam Pembuatan Biolilin Aromaterapi. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Saraswati, (1985). Berkreasi dengan Lilin. Bhratara Karya Aksara Jakarta.

Sofiani V, dan Pratiwi, R., 2016. Review Artikel : Pemanfaatan Minyak Atsiri Pada Tanaman Sebagai Aromaterapi Dalam Sediaan-Sediaan Farmasi. Farmaka Vol 15 N0 2.

Wildwood, C. 2000. The Bloomsbury Encyclopedia of Aromatheraphy. Singapura (SN) : Tien Wah Press.




DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v8i2.351

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Jurnal Ilmiah Pharmacy indexed by:

Find in a library with WorldCat

Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah