PENETAPAN KADAR FLAVONOID EKSTRAK ETANOL DAUN SURUHAN (Peperomida Pellucida (L.) Kunth) METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Syauqul Jannah

Sari


Daun Suruhan (Peperomia pellucida (L).Kunth) memiliki komposisi senyawa fitokimia utama meliputi, flavonoid, alkoloid, fenolik yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, antivirus, antiinflamasi, antialergi, dan antikanker. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menetapkan? kadar senyawa flavonoid yang terdapat pada Daun Suruhan (Peperomia pellucida (L).Kunth).

Ekstraksi Daun Suruhan (Peperomia pellucida (L).Kunth) dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%, kemudian dilakukan identifikasi flavonoid dengan reaksi penambahan serbuk logam Mg dan HCI pekat kemudian dilakukan penetapan kadar flavonoid dengan metode spektrofotometri UV-Vis menggunakan Kuersetin sebagai bahan baku pembanding yang hasilnya dinyatakan dalam ug/ml (Kesetaraan Kuersetin).

Hasil ekstraksi yang diperoleh sebanyak 35,5 g ekstrak kental. Hasil identifikasi yang didapatkan bahwa ekstrak Daun Suruhan (Peperomia pellucida (L).Kunth) positif mengandung senyawa flavonoid, dilihat dari perubahan warna dari hijau kehitaman menjadi orange. Hasil penetapan kadar flavonoid dengan metode spektrofotometri UV-Vis yang telah dilakukan didapatkan kadar flavonoid dengan nilai rata-rata sebesar 4,68 %

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v9i2.432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats


Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah