PENGKAJIAN KELENGKAPAN RESEP PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD BENGKULU TENGAH

Setya Enti Rikomah

Sari


Kelengkapan resep sangat penting untuk mengurangi kesalahan dalam pemberian obat sehingga memaksimalkan penggunaan obat yang rasional. Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit masih sering ditemukan resep yang tidak lengkap secara Administrasi maupun Farmasetik yang akan mengakibatkan pemberian obat tidak tepat dan obat yang diterima pasien menjadi tidak rasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase kelengkapan resep secara Administrasi dan Farmasetik di Instalasi Farmasi Rumah Sakit.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif yaitu bersifat retrospektif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh resep dari bulan Januari–Desember sebanyak 2.751 lembar resep. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dengan memperhatikan faktor Inklusi dan Eksklusi sehingga didapatkan sampel sebanyak 350 lembar resep rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kelengkapan resep secara Administrasi sebesar 37%, terdiri dari nama pasien, umur pasien, nama dokter, unit asal resep, tanggal resep. Dan kelengkapan resep secara Farmasetik sebesar 100%, terdiri dari nama obat, bentuk sediaan, dosis dan kekuatan sediaan, jumlah sediaan, aturan pakai.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v9i1.394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Jurnal Ilmiah Pharmacy indexed by:

Find in a library with WorldCat

Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah