TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RS SENTRA MEDIKA CIKARANG TAHUN 2022

afifah halimatu alwiyah, Marselina Marselina

Sari


Keberhasilan pelayanan kefarmasian di rumah sakit tergantung pada kepuasan pasien saat menerima pelayanan yang telah diselenggarakan oleh petugas farmasi. RS Sentra Medika Cikarang menyediakan program asuransi kesehatan dari pemerintah yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa puasnya pasien BPJS dalam pelayanan kefarmasian berdasarkan 5 (lima) parameter kualits pelayanan yaitu Kehandalan (Reability), Ketanggapan (Responsiviness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy), dan fasilitas berwujud (Tangible). Penelitian ini merupakan desktriptif dengan metode cross sectional. Sampel diperoleh menggunakan purposive sampling dengan total sampel berjumlah 95 responden, dan kuesioner sebagai instrument untuk mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini  dilakukan selama 1 (satu) bulan dan mulai pengambilan data pada tanggal 7 juni 2022 – 9 Juli 2022. Responden yang dapat mengisi kuesioner ini harus berdasarkan kriteria inklusi yaitu pasien berusia > 17 tahun, pasien/keluarga pasien yang menebus obat di instalasi farmasi RS Sentra Medika Cikarang Tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di RS Sentra Medika Cikarang diperoleh persentase kehandalan 89,31% (sangat puas), responbilitas 95,92% (sangat puas), keyakinan 94,80% (sangat puas), empati 94,91% (sangat puas), dan fasilitas berwujud  95,56% (sangat puas) dan menghasilkan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 94,35% yang termasuk ketegori sangat puas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, M., Perawati, S., & Nurhaliza, S. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun. 2(1), 10–20. https://doi.org/10.37311/ijpe.v2i1.13247

Enrico Coiera. (2006). Communication Systems in Healthcare. The Clinical Biochemist Review, 27(2), 89–98.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Kemenkes, RI. (2014). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Kemenkes, RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Kemenkes, RI. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.129/MENKES/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Wibowo, A. (2014). Kesehatan Masyarakat di Indonesia. PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v10i1.472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats


Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah