GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SEMBUH KOTA BEKASI

Maratun Shoaliha

Sari


Pelayanan kefarmasian di masa kini orientasinya telah berubah dari drug oriented menjadi patient oriented. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sembuh Kota Bekasi. Penelitian ini disajikan dengan deskriptif non eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup terhadap 95 responden. Teknik analisis data dengan metode servqual untuk mengetahui kepuasan pasien dari tiap dimensi dan metode importance performance analysis (IPA) untuk menunjukkan aspek dari pelayanan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan. Hasil karakteristik responden mayoritas berusia 36-45 tahun (36,8%), berjenis kelamin perempuan (63,2%), pendidikan terakhir S1/Diploma (48,4%) dan pekerjaan karyawan swasta/wiraswasta (49,5%). Hasil analisis gap menujukkan terdapat satu dimensi dengan nilai gap negatif yaitu dimensi reliability (-0,05) dan empat dimensi lainnya dengan nilai gap positif yaitu dimensi tangible (0,01), responsiveness (0,09), assurance (0,01), emphaty (0,00). Hasil analisis IPA menujukkan terdapat satu atribut yang berada pada kuadran A. Kesimpulannya yaitu secara keseluruhan pasien sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, dengan rata-rata keseluruhan nilai gap (0,01). Atribut emphaty 1 menjadi prioritas utama perbaikan, artinya petugas apotek kurang peduli akan keperluan pasien sehingga membuat pasien tidak puas dalam memberikan palayanan dengan tujuan demi kesehatan pasien. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adliani, N., Akhmad, A. D., K, S. M., & Sukrasno. (2019). Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati, 2(1), 86–98.

Almasyhuri, Muhammad, D., & Setiani, L. A. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 174–186.

Cci, N. A., & Ekowati, T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Tunai Di Apotek Kimia Farma Juanda Bogor. Pharmamedica Journal, 7(2), 87–94.

Evi, P. A. M., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 104–111. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17693

Fajrini, F., Latifah, N., Oktaria, D., & Romdhona, N. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2021. Muhammadiyah Public Health Journal |17, 2(1), 17–38.

Fatulloh, R. S., Hasanah, N., Ismaya, N. A., Ratnaningtyas, T. O., & Romlah, S. N. (2020). Interpretasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Obat Tanpa Resep Terhadap Kepuasan Konsumen. Edu Masda Journal, 4(2), 95–107. http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda

Fipiana, W. I., Harminto, & Lusia, V. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Umum di Klinik Cipinang Jakarta dengan Metode Servqual. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(2), 102–111.

Fitriani, A. D., Rambe, N. M., & Suroyo, R. B. (2022). Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja. Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan , 1(2), 107–121. https://doi.org/10.54443/sikontan.v1i2.389

Fransiska, H. A., Pristianty, L., & Titani, M. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Apotek (Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Majalah Farmasetika, 6, 88–95.

Handayani, S. R., Ningsih, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Nawangan Pacitan. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17439

Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Pasien . MNC Publishing.

Hanifa, D. N. C., & Setiawati, A. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 4(SE-1), 39–47. https://doi.org/10.25026/jsk.v4ise-1.1688

Hartono, E., Oetari, R. A., & Sulo, H. R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Manuntung, 5((1)), 81–90.

Lestari, N. I. (2021). Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kota Waringin Barat [Skripsi]. Program Studi S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika, Pangkalan Bun.

Narulita, R., & Santoso, B. S. A. (2021). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kimia Farma 36 Ijen. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), 3(01), 34. https://doi.org/10.30587/herclips.v3i01.3115

Nisa, Z., Sugihantoro, H., Syahrir, A., & Wijaya, D. (2021). Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal Islamic Pharm, 6(1), 52–65.

Rahmawati, R. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Tiga Apotek Wilayah Surakarta Periode Juli-September 2019 [Skripsi]. Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di apotek, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2016).

Santoso, A. R., & Yolana, E. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Pada Kimia Farma Apotek 067 Jember. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat , 1(9), 605–613.

Utami, N., S, K. E., & Walujo, D. S. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Resep Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Lirboyo Tahun 2019. Journal Of Pharmacy Science And Technology, 2(No. 2), 126–134.




DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v11i1.517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats


Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah