PERSEPSI PASIEN TERHADAP PERAN APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD KOTA MANNA

Dewi Winni Fauziah

Sari


Permintaan dari pasien dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas layanan kefarmasian mendorong pergeseran dari paradigma lama yang berorientasi pada produk menuju paradigma baru yang lebih berfokus pada pasien, sejalan dengan filosofi pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care) Semakin berkembang dan beragamnya pelayanan yang tersedia, menuntut Apoteker agar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam berinteraksi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi responden terhadap peran Apoteker dalam melakukan pelayanan kefarmasian.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional Study. Sampel terdiri dari 97 pasien, yang dihitung menggunakan rumus Slovin dari total 3.215 kunjungan pasien dalam waktu satu bulan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data, sementara pemilihan  sampel  dilakukan dengan metode accidental sampling, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi jenis kelamin responden hampir seimbang, dengan laki-laki mencakup 48,5% dari total partisipan. Sebagian besar responden berusia antara 31 hingga 50 tahun, dengan persentase sebesar 64,9%. Mayoritas responden memiliki tingkat pendidikan terakhir SMA, yaitu sebanyak 58,8%, sementara 28,9% di antaranya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Selain itu, sebanyak 26,8% responden memiliki kisaran pendapatan antara Rp 0 hingga Rp 500.000. Secara keseluruhan, persepsi dikategorikan dengan 93,5% responden memiliki pandangan positif, sementara 6,5% responden berpendapat negatif. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pasien menilai peran Apoteker dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian di RSUD Hasanuddin Damrah Manna dalam kategori sangat baik.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52161/jiphar.v12i1.637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats


Kantor Sekretariat:
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN AL-FATAH BENGKULU
Mail  : Jln. Indragiri Gang 3 Serangkai,Padang Harapan, Kota Bengkulu, Kode Pos : 38224, Indonesia
Telepon : (0736)27508
Fax : (0736)27508
E-mail : jurnalilmiahpharmacy@gmail.com

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
2019 STIKES Al Fatah